SeKILAT Info XEONERS MALANG :

informasi hub. Leader Xeoners Malang Bro Gion (085755034062) pin 22F54B06

Jumat, 22 Juli 2011

Jauh Dekat Pakai Helm

HELM bagi pemotor, bak ikan dengan air. Saling melengkapi. Rasanya gak afdol, bersepeda motor tanpa memakai helm di kepala.
Masyarakat luas sudah tahu fungsi helm, melindungi kepala dari risiko lebih fatal ketika terjadi benturan. Misalnya, jika polos tanpa helm bisa bikin batok kepala bocor, berkat perlindungan helm paling banter sedikit puyeng. Tentu jika tingkat benturan tidak setingkat dilindas truk kontainer.
Belakangan ini, helm bahkan menjadi aksesoris gaya hidup. Banyak corak dan tampilannya. Mulai dari grafis, hingga warna-warna tertentu.
Di negara kita pemerintah menelorkan SNI wajib bagi produsen helm. Selain itu, dalam aturan UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( LLAJ) ada ketentuan pemotor dan pemboncengnya wajib memakai helm. Ketentuan tersebut bermuara pada keselamatan. Maklum, mayoritas kematian kecelakaan lalu lintas yang diderita pemotor akibat luka di kepala.
Kecelakaan tak mengenal jarak. Bisa terjadi setiap saat. Karena itu, mutlak kita mengantisipasi risiko yang terjadi. Lebih baik repot sedikit memakai helm, ketimbang mengobati luka di rumah sakit. Ibarat kata, sedia payung sebelum hujan.

Oh ya, selain melindungi benturan, helm juga berfungsi mengurangi serbuan debu dan angin ke wajah pemotor. Termasuk mengurangi silau cahaya yang menerba mata kita.

Jadi, jauh dekat sama saja, helm melindungi diri dari risiko lebih fatal akibat kecelakaan.

Sumber :
1. oleh Edo Rusyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

XEONERS MALANG