SeKILAT Info XEONERS MALANG :

informasi hub. Leader Xeoners Malang Bro Gion (085755034062) pin 22F54B06

Jumat, 03 Juni 2011

Merawat Aki Biar Tetap Gaul dan Tidak Soak

Aki-aki gaul bukan hanya ada di dunia nyata. Di dunia otomotif pun aki-aki (dibaca-aki-red) harus tetap gaul. Karena dengan gaul, berarti aki itu hidup. Sebaliknya jika tidak gaul, maka dalam dunia per- aki-an disebut aki soak. Mau?
Bagi sepeda motor, aki adalah salah satu sumber listrik, baik itu aki kering maupun aki basah. Secara umum, umur aki adalah satu tahun. Namun jika bradercismampu merawatnya, maka si aki akan lebih panjang umur hingga tiga tahunan.
Untuk mendeteksi apakah aki motor bermasalah atau tidak, caranya cukup gampang. Jika aki bermasalah maka yang terjadi lampu mati  - baik lampu utama maupun lampu sen, klakson tak bunyi, dan bagi sepeda motor yang menggunakan starter electric akan kesulitan menghidupkan mesin.
Apa saja yang harus dilakukan untuk merawat aki?  Lets share!
  1. Beri Air Aki Secukupnya
    Jika motor 
    bradercis menggunakan aki basah, sebaiknya secara rutin melihat tingkat ketinggian air aki. Untungnya sekarang jaman semakin maju, jadi tidak usah cek aki hingga bongkar sebagian bodi motor. Karena pada beberapa aki keluaran terbaru, terdapat lubang indikator yang ditunjukkan dengan warna. (biru dan merah).

    Warna biru untuk menunjukkan tingkat atau volume air aki masih banyak atau normal. Sedangkan warna merah untuk kondisi air aki hampir habis dan harus segera diisi ulang.

    Bila ternyata air aki berkurang, isilah, tapi jangan terlalu luber.

    Sediakan sedikit ruang agar reaksi kimia antara sel-sel yang terbuat dari alumunium dengan air aki baru terjadi dengan baik. Khususnya saat aki digunakan (mesin menyala). Tujuannya agar sel aki tidak cepat rusak.
  2. Bersih-Bersih Terus di Charge
    Lha kok
     air aki-nya masih banyak, padahal sudah satu tahun digunakan. Jangan senang dulu bradercisMending langsung buang saja tuh air aki lama dengan yang baru, agar aki tetap prima dan awet.

    Caranya, buka semua tutup lubang air aki dan pastikan semua air aki terbuang semua. Setelah itu tuang air panas dan tutup rapat-rapat lubang aki tersebut dan kocok-kocok hingga rata. Lakukan cara ini dua atau tiga kali, agar 
    dalemanaki benar-benar bersih.

    Setelah bersih isi kembali air aki, dan lakukan penyetruman (charger). Sekarang banyak 
    kok dijual charger aki di bengkel-bengkel besar. Tapi jika bradercis mausimple-nya. bawa aja aki di bengkel aki.

    Lebih lama setrumnya kebih bagus (5 jam). Cara ini juga bisa digunakan jika aki sudah menunjukkan gejala-gejala aus. Tanda-tandanya seperti mesin motor sulit dihidupkan, lampu tidak menyala, klakson mati dan lain-lain.
  3. Cara Merawat Aki Kering
    Bagaimana dengan motor yang menggunakan aki kering? Aki kering sebenarnya  bebas dari perawatan atau MF (maintenance free /MF).  Pasalnya, aki ini tidak membutuhkan penambahan air aki, atau perlakuan khusus. Usianya pun lebih lama ketimbang aki basah.

    Meskipun aki kering tidak butuh perawatan khusus dan rumit. Tetap saja jika tidak diperlakukan secara baik, maka aki ini juga cepat rusak. Efeknya motor tidak mudah dihidupkan, lampu mati, begitu pun dengan klakson.

    Cara untuk merawat aki ini jauh lebih mudah ketimbang aki basah. Yang terpenting sesering mungkin memanasi mesin sepeda motor. Cukup lima hingga tujuh menit
Sudah kenal kan dengan aki? Makanya dijaga tuh aki biar gak soak.
Sumber :
1. Author: Awan SB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

XEONERS MALANG