SeKILAT Info XEONERS MALANG :

informasi hub. Leader Xeoners Malang Bro Gion (085755034062) pin 22F54B06

Rabu, 16 Februari 2011

Bedah Sistem CVT Yamaha Xeon, Serba Besar Bro!

Yamaha Xeon hadir dengan sasis, mesin dan beberapa teknologi baru. Basisnya jauh berbeda dari Mio/Nouvo. Wajar jika sensasi berkendara lumayan jauh berbeda, terutama dari segi performa.
Gampangnya Xeon ngacir, selain dari mesin yang memang besar, yaitu 125 cc berpendingin cairan, juga dipengaruhi perangkat CVT yang ternyata juga jauh beda dengan generasi sebelumnya. Ayo dibongkar apa saja yang menjadikan berbeda!

Roller
Nah part yang berfungsi mengangkat movable drive face dengan prinsip gaya sentrifugal ini, pada Xeon bentuknya tergolong gede. Diameter luar mencapai 20 mm. Bandingkan sama punya Mio yang hanya 15 mm.


Sedang bobotnya hanya 10 gr, atau 0,5 gr lebih ringan dari Mio. “Ukuran besar namun ringan membuat akselerasi dari bawah sampai menengah cepat, cocok untuk jalanan perkotaan,” urai M. Abidin, manager technical department-service division PT YMKI.


Memang sangat terasa, dari berhenti sampai 80 km/jam terasa cepat. Sayang setelah itu merayap pelan hingga mencapai kecepatan maksimal sekitar 105 km/jam.
Perbandingan roller Mio dengan Xeon


V-Belt
Penghubung drive face dengan driven face ini juga punya bentuk dan ukuran beda. Lekukan bagian dalam membentuk setengah lingkaran, di Mio trapesium. Lebarnya mencapai 22 mm, panjang 880 mm (Mio 18,2 mm/842 mm). Efeknya kekuatan lebih besar, tenaga tersalur lebih sempurna dan lebih awet.
V-belt punya bentuk dan ukuran yang berbeda

Secondary Sliding Sheave
Paling jelas terlihat groove torsi cam punya bentuk melengkung. Menjadikan percepatan terasa tak mengentak. Kedua pin guide-nya besar. Pastinya agar lebih awet.
Secondary sliding sheave punya alur yang melengkung

Centrifugal Clutch
Rumah kopling pun berdiameter besar. “Mendukung akselerasi cepat,” lanjut Abidin. Istimewanya saat berputar ditahan oleh laher berdiameter besar, sehingga tak mudah goyang dan tahan lama.
Centrifugal clutch ditahan laher besar

Gear Rasio
Ukurannya juga jauh lebih besar dari Mio. Perbandingannya pun demikian (amati tabel). Sehingga volume oli Xeon mencapai 200 ml, atau 2 kali lipat Mio. Jenis oli yang digunakan sama (Yamalube Gear Oil), demikian juga penggantian yang tiap 10 ribu km.


Saluran Udara
Lubang pemasukan udara untuk mendinginkan perangkat CVT tak diambil langsung dari udara bebas, melainkan dari sasis. “Sehingga lebih dingin dan bersih,” terang Abidin saat launching Xeon.
Perbandingan CVT Mio dan Xeon
ItemMioXeon
Panjang V-belt842 mm880 mm
Lebar V-belt18,2 mm22 mm
Ø Dalam clutch housing112 mm120 mm
Kopling mulai membuka2650 - 3050 rpm2450-2850 rpm
Kopling mulai mengopel4800-5400 rom4900-5500 rpm
Ø Luar roller15 mm20 mm
Berat roller10,5 gr10 gr
Reduksi primary47 / 15 (3.133)42 / 16 (2.625)
Reduksi sekunder42 / 1345 / 12 (3.750)


Sumber :
Penulis/Foto: Aant  / Aant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

XEONERS MALANG